8 Langkah Mudah Mengatasi Gelisah

8 Langkah mudah mengatasi gelisah8 Langkah Mudah Mengatasi Gelisah - Rasa gelisah dan takut yang mendera saat kita menghadapi situasi yang mengkhawatirkan atau sesuatu yang bersifat akan memberikan dampak yang besar pada masa depan kita, tentu hal itu sangat manusiawi sekali.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan diri kita merasa gelisah antara lain saat akan melihat hasil ujian sekolah, saat akan melihat hasil tes kerja, saat tidak biasa jauh dari anak atau justru sebaliknya, anak tidak bisa jauh dari orang tua, saat berada di tempat asing atau masih banyak lagi yang lain. 

Rasa gelisah akan muncul dan menghantui kita, namun perlu kita ketahui bahwa sebenarnya rasa gelisah atau takut itu akan hilang dengan sendirinya jika kita lebih ikhlas dalam menerima kenyataan yang ada.

Sebenarnya ada yang lebih membahayakan terhadap diri kita yaitu mengenai suatu kebiasaan yang tidak kita sadari. Hal ini lebih beresiko daripada rasa gelisah pada umumnya, minimal kita mengetahui bahwa ada kebiasaan yang sebagian orang berpendapat bahwa itu perbuatan baik namun sebenarnya justru berdampak buruk pada kehidupannya di kemudian hari, baca, 7 kebiasaan yang di anggap baik ternyata berdampak buruk pada masa depan.   

Banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mengatasi rasa gelisah yang mendera dirinya. Dan mereka memiliki ciri dan formula tersendiri sehingga dapat terlepas dari rasa gelisah tersebut. Biasanya kemampuan ini timbul karena tempaan situasi dan kondisi lingkunganya.

Namun ada beberapa cara yang umum di lakukan dan mudah untuk di terapkan, sehingga bisa di lakukan oleh siapa saja yang ingin mencobannya, karena hal ini juga menyangkut kesehatan psikis kita juga. Dengan harapan rasa gelisah dapat di atasi dengan baik.

Berikut 8 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rasa Gelisah Yang Kita Rasakan

1. Ambil nafas Yang Dalam Dan Berusaha Untuk Tenang

Memang dalam keadaan gelisah susah untuk bisa menenangkan perasaan kita, dan saya rasa semua orang demikian. Namun percayalah Anda tidak sendiri, berusahalah untuk rileks dan tarik nafas dalam-dalam setelah itu gerakkan kepala, tangan, kaki dan tubuh Anda senyaman mungkin sambil berusaha untuk melupakan peristiwa yang terjadi.

Santailah karena apapun yang terjadi-terjadilah, karena nasib kita bukan kita yang menentukan, kita hanya bisa berusaha dan berdo'a saja, selanjutnya pasrahkan saja kepada Tuhan.

2. Lakukan Aktivitas

Saat rasa gelisah menghantui, Anda juga bisa meringankan kondisi psikis Anda lebih rileks dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyibukkan, seperti melompat-lompat kecil di tempat atau berusaha menggayuh sesuatu yang lebih tinggi dari Anda sambil mengambil nafas dan lepaskan dengan gerakan tangan ke belakang dalam posisi setengah jongkok. Atau berinteraksi dengan orang lain agar sibuk dan melupakan kegelisahan yang terjadi.

3. Kembalikan Pikiran Pada Posisi Fokus Dan Netral (Seakan tidak terjadi apa-apa)

Saat Anda melakukan aktivitas kesibukan pengusir gelisah (Galau) usahakan serius dalam melakukan hal itu artinya Anda fokus dalam beraktivitas apa yang Anda lakukan saat itu. Sebagai contoh jika Anda sedang membersihkan taman depan rumah maka seriuslah untuk itu, atau membetulkan mobil yang ada kerusakan maka fokuslah untuk itu (Tentu saja yang bisa Anda lakukan, jangan paksa membetulkan mobil yang bukan keahlian Anda), atau saat Anda membersihkan rumah dan sebagainya.

Artinya berusahalah untuk fokus dalam melakukan kesibukan pengusir galau yang Anda lakukan, jangan hanya berniat hanya untuk mengusir galau Anda melakukan itu.

4. Makan Camilan

Ngemil dengan teman atau anggota keluarga lain juga membantu mengatasi rasa gelisah yang Anda alami, dan ini mujarab banget untuk mengusir gelisah, karena di samping kita selalu makan kudapan yang enak dan sehat kita juga di temani orang-orang yang kita sayangi.

Selain itu jika orang yang menemani Anda adalah termasuk orang yang dapat Anda percaya, Anda bisa menceritakan kegelisahan Anda, siapa tahu ada solusi yang bisa di terapkan.

Tetapi perhatikan juga nutrisi makanan yang Anda konsumsi, jangan terlalu banyak gula dan garam karena bisa mempengaruhi kesehatan.

5. Ikhlas

Di atas sudah saya singgung bahwa ikhlas yang Anda terapkan sangat ampuh dalam mengusir gelisah yang Anda alami. Memang berbicara tampaknya lebih mudah daripada prakteknya, namun setidaknya Anda sudah mencobanya dan jika Anda mampu memahami maka saya berani pastikan Anda berhasil. Percayalah bahwa kita di tempatkan pada posisi seperti ini ada maksud-maksud tertentu yang jelas lebih baik untuk perkembangan jiwa dan raga kita di masa yang akan datang.

Dengan terus belajar untuk lebih ikhlas saya yakin mental kita akan di tempa dan kelak nantinya jauh akan lebih kuat dan mampu dalam menerima kenyataan hidup yang ada.

6. Belajar Menguasai Diri

Jangan takut menghadapi kegelisahan karena rasa gelisah sebenarnya adalah sebuah dorongan psikis yang bermanfaat untuk menumbuhkan kemampuan kreativitas kita namun jika kita tidak bisa mengendalikan diri maka berusahalah untuk tetap tenang dalam menghadapi segala sesuatu. Maka dari itu belajarlah untuk bisa menguasai diri.

7. Miliki Visi Yang Jelas

Hidup Anda harus lebih berarti, jangan sampai kalah hanya dengan rasa galau atau kegelisahan yang hanya sebuah bayang-bayang saja. Biarkan apapun yang terjadi, dasari diri dengan menerima apa adanya kemampuan diri Anda dan lebih banyak bersukur serta mengingat Tuhan sang pencipta segala kehidupan termasuk pencipta kegelisahan itu sendiri. Memohonlah kepadaNya agar diri Anda di berikan kemampuan dan keselamatan untuk menghadapi rasa yang terjadi.

Buatlah sebuah cita-cita atau visi yang jelas dan tegas dalam hidup Anda, agar kehidupan yang Anda jalani jauh lebih mudah karena memiliki tujuan dan arah. Masih banyak jalan menuju kehidupan yang lebih baik, pepatah bilang "Banyak jalan menuju Roma."

Pepatah juga mengatakan bahwa "Kehidupan saat ini harus lebih baik dari kemarin dan kehidupan besok harus lebih baik daripada saat ini." dengan demikian jelas! galau, sedih, takut atau gelisah tidak ada, yang ada hanya Anda dan kehidupan Anda karena perubahan selalu terjadi.

8. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Mohon maaf sebelumnya bukannya saya sok suci tetapi saya rasa kita semua sepakat bahwa dengan lebih dekat kepada Tuhan maka ketentraman dan kedamaian akan meliputi. Dan saya yakin kegelisahan akan tiada lagi.

Itulah 8 Langkah mudah yang dapat mengatasi gelisah, jika diantara pembaca ada tips lain yang bermanfaat dapat di tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

THE LANGUAGE YOU USE

Copyright © infokesehattan.blogspot.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape